10 SMA Terbaik di Indonesia

Sebenarnya sangat banyak sekali SMA terbaik di Indonesia ini, kesemuanya itu merupakan sekolah favorit dan pilihan para siswa. SMA ini menghasilkan siswa-siswi yang cerdas secara intelektual, emosional dan juga spiritual. Tidak sedikit para alumninya merupakan orang terpandang dinegeri ini seperti pejabat, birokrat, dan juga pengusaha dan inilah 10 SMA terbaik di Indonesia :

1. SMA Taruna Nusantara, Magelang

10 SMA Terbaik di Indonesia

SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah menengah atas unggulan di Indonesia yang diakui memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi, sehingga tidak sedikit masyarakat yang mencap kampus ini sebagai sekolah semi-militer. SMA yang berlokasi di Kota Magelang ini menerapkan sistem asrama, dimana SMA ini merupakan salah satu pelopor sekolah berasrama yang saat ini sedang menjamur.

2. SMA Negeri 8 Jakarta

10 SMA Terbaik di Indonesia

Tak diragukan lagi SMA 8 Jakarta merupakan Sekolah Menengah Atas No 1 di ibukota, alumninya mendominasi kampus-kampus terkemuka negeri ini seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Sekolah ini memiliki prestasi segudang baik nasional maupun internasional, tidak jarang peserta olimpiade internasional adalah siswa-siswi yang berasal dari SMA ini.

3. SMA Negeri 3 Bandung

10 SMA Terbaik di Indonesia


SMA 3 Bandung merupakan Sekolah Menengah Atas yang sangat terpandang di Kota Bandung, sekolah ini dicap sebagai sekolah terbaik di kota kembang. Ada anank yang menyatakan bahwa SMA 3 Bandung merupakan sekolahnya ITB, artinya sebagian besar alumni SMA 3 Bandung mendominasi bangku perkuliahan di ITB. Prestasi yang diraih siswa-siswi SMA 3 Bandung tidak hanya mencakup nasional saja melainkan juga internasional.

4. MAN Insan Cendikia, Tangerang

10 SMA Terbaik di Indonesia


MAN Insan Cendekia adalah lembaga pendidikan setingkat SMA yang sangat diperhitungkan dinegeri ini meskipun cukup terbilang baru. Sekolah yang akrab disapa IC ini sangat mengedepankan IPTEK yang dilandasi dengan IMTAK kepada setiap siswa-siswinya. Sekolah ini merupakan ide brillian dari Presiden Republik Indonesia ke-3, Bapak BJ Habibie.

5. SMA Negeri 3 Semarang 

10 SMA Terbaik di Indonesia

SMA Negeri 3 Semarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas terbaik di Indonesia, bahkan Depdiknas menobatkan sekolah ini sebagai SMA terbaik di Indonesia. Sekolah yang beralamat di Jalan Pemuda No. 149 Kota Semarang ini memiliki prestasi yang sangat luar biasa, baik akademik maupun non akademik. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah pelopor untuk sekolah bertaraf internasional.

6. SMA 1 Teladan, Yogyakarta

10 SMA Terbaik di Indonesia

Sebenarnya nama akademiknya adalah SMA Negeri 1 Yogyakarta, akan tetapi masyarakat Jogja akrab menyebutnya dengan SMA 1 Teladan. SMA ini merupakan Sekolah Menengah Atas unggulan di Provinsi Yogyakarta dengan prestasi yang segudang sejak dulu kala. SMA ini sangat legendaris, karena sudah ada sejak jaman penjajahan kolonial Belanda dan sampai sekarang masih berdiri kokoh.

7. SMA Negeri 5 Surabaya

10 SMA Terbaik di Indonesia

Smalabaya merupakan sapaan akrab untuk SMA Negeri 5 Surabaya, salah satu sekolah unggulan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Alumninya mendominasi perkuliahan dikampus-kampus terkemuka negeri ini khusunya diwilayah Jawa Timur seperti Institut Teknologi 10 November, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya. Tidaklah mengherankan jika sekolah ini mendapatkan prosentasi tertinggi dalam penerimaan SMNPTN.

8. SMA Negeri 4 Denpasar

10 SMA Terbaik di Indonesia

Salah satu Sekolah Mengenah Atas unggulan dan favorit dipulau dewata adalah SMA Negeri 4 Denpasar. Sekolah ini sangat unik dengan arsitektur yang bernuasa Bali, diakui sebagai sekolah yang sangat menjunjung tinggi budaya lokal. SMA yang beralamat di Jalan Rinjani, Kota Denpasar ini memiliki fasilitas yang memadai untuk membantu proses belajar para siswa-siswinya disekolah.

9. SMA Negeri Plus Riau

10 SMA Terbaik di Indonesia

Meskipun terbilang sekolah baru, SMA Negeri Plus Riau jangan dilihat sebelah mata. SMA ini merupakan Sekolah Menengah Atas unggulan di Provinsi Riau, sekaligus menjadi sekolah acuan untuk SMA-SMA yang berada di Riau. SMA ini sangat didukung oleh fasilitas pendidikan, mulai dari sarana prasarana yang sangat mendukung hingga tenaga pengajar yang minimal strata 2.

10. SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta

10 SMA Terbaik di Indonesia

SMAK 1 BPK Penabur merupakan sekolah swasta jempolan diibukota dengan prestasi yang luar biasa. Sekolah ini sering sekali mengirimkan siswa-siswi pilihannya untuk berkompetisi dilevel nasional dan juga internasional, dan bahkan menjadi juaranya. Masyarakat ibukota mencap sekolah ini sebagai Sekolah Menengah Atas Swasta paling bergensi di Jakarta.

20 Responses to "10 SMA Terbaik di Indonesia"

  1. Semuanya bukan sekolahanku, Sob, hahaha...

    ReplyDelete
  2. keren banget gan, sekolah-nya.

    ReplyDelete
  3. pasti berat persyaratan masuk kesana.

    ReplyDelete
  4. wow.. Tegal belum masuk .. hehe.. thanks infonya sob..

    ReplyDelete
  5. Sebagai warga Riau saya bangga SMA Negeri Plus Riau bisa jadi SMA terbaik di Indonesia... \o/ \o/ \o/

    ReplyDelete
  6. Teringet sewaktu Muda dulu pada cari pelajaran. Jati diri. Semoga sekarang bisa memanfaatkan kejalan yang benar. Amin

    ReplyDelete
  7. Keren sob sekolah-sekolahnya semoga bisa-mencetak generasi yang handal yah :)

    ReplyDelete
  8. wah pantes terbaik, gedungnya saja sudah bagus-bagus

    ReplyDelete
  9. Wah no. 5 sma gue tuh haha

    ReplyDelete
  10. yang terbaik di palembang .....sma xaverius 1 palembang .....

    ReplyDelete
  11. SMA PLUUUUUSSS....jadi bangga...

    ReplyDelete
  12. Kok nggak ada pasiad

    ReplyDelete
  13. Keren semua sekolah'nya :D

    ReplyDelete
  14. sekolah sich boleh TERBAIK.. Tapi SUKSES itu kita yg menentukan !!

    ReplyDelete
  15. SMA apa ya yg belajar bahasa jepang?

    ReplyDelete
  16. waaaw...sma taruna nusantara magelang sekolah impianku ituu :D

    ReplyDelete

Catatan :
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. Disarankan tidak menggunakan Anonim
3. Dilarang promosi iklan

NB : Klik pratinjau terlebih dahulu sebelum di publikasi untuk melihat tulisan yang anda tulis sudah benar atau tidak